Ketua TP-PKK Maluku Buka Festival Pangan Lokal B2SA

Ketua TP-PKK Maluku Buka Festival Pangan Lokal B2SA

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, membuka secara resmi Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021 yang merupakan kerja sama TP-PKK Maluku dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, di Tribun Lapangan Merdeka, Rabu (16/11/2021).
“Tujuan digelarnya festival ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan B2SA, meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA dalam mencegah Stunting, mendorong dan meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan olahan pangan lokal yang bernilai komersil, juga mendorong penerapan konsumsi pangan B2SA, dengan memanfaatkan kearifan pangan lokal baik segar maupun olahan, ” ujar Widya dalam sambutannya.
Ia menjelaskan, seperti yang diketahui, kasus Stunting menjadi perhatian utama pemerintah pusat maupun daerah. Stunting yang terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai keseimbangan gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil dan balita.
“Padahal terdapat banyak potensi pangan lokal sumber protein dan karbohidrat non beras yang ada di sekeliling kita, baik yang terdapat di pekarangan, kebun maupun ladang. Namun, keberadaannya sampai saat ini, masih dilihat sebelah mata sehingga kurang perhatian dan terberdayakan,” jelas Widya.
Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Luthfi Rumbia, menjelaskan lomba ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk penanganan stunting.
“Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya ibu-ibu dalam penerapan prinsip Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk menurunkan jumlah stunting, dan untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas ibu-ibu dalam mengembangkan atau menciptakan menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal,” terangnya.
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

Alamat : Jln. Tulukabessy
Telepon : 0911-456456
Email : pkk@malukuprov.go.id

PETA

COPYRIGHT © 2021 - DISKOMINFO PROVINSI MALUKU

VERSI 2.1

Content Website Terproteksi !