Layanan Gratis Rapid Antigen Drive Thru oleh TP-PKK Maluku

Layanan Gratis Rapid Antigen Drive Thru oleh TP-PKK Maluku

Ambon : Sebagai langkah pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Maluku, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Maluku akan menggelar rapid test antigen secara gratis kepada masyarakat, khusunya para sopir dan pengojek dengan metode drive thru,  pada Sabtu 27 Februari 2021 yang dipusatkan di lapangan upacara Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon.

Ketua TP-PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad dalam dialog Publik di Pro 1 RRI Ambon menjelaskan, rapid antigen secara drive trhu  menjadi gebrakan pertama setelah dibentuknya  Satgas Covid-19 TP-PKK Maluku, guna membantu pemerintah menjaga kesehatan masyarakat, lewat edukasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi (5M).

Diharapkan, dengan adanya rapid antigen gratis dapat membantu masyarakat untuk mengecek kesehatan. Kendati ditengah situasi pandemi, banyak masyarakat yang ingin mengecek kondisi kesehatan mereka, namun terbentur dengan biaya rapid antigen pada Faskes yang cukup mahal.

“Sebanyak 2000 rapid antigen gratis kita siapkan. Syaratnya itu, memakai masker dan membawa fotocopy KTP serta mencatumkan no Hp. Maksimal empat orang untuk kendaraan roda 4 dan dua orang pada kendaraan roda 2 dan hasil pun akan diterima saat itu juga,” jelas Widya.

Kegiatan ini lanjutnya, akan diupayakan 1 kali dalam sebulan dan pastinya lokasi juga akan bergeser tidak hanya di Lapangan Tahapary, Tantui, kemungkinan akan dilaksanakan di daerah Passo maupun di Amahusu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meykel Pontoh mengaku, pemerintah melalui dinas kesehatan sangat mendukung kegiatan yang digagas Satgas Covid-19 TP-PKK Maluku, dengan metode yang cukup efektif.  Bahkan pihaknya telah menyiapkan tenaga kesehatan untuk nantinya melaksanakan rapid antigen.

“Masyarakat tidak perlu meninggalkan pekerjaan mereka. Kalau itu sopir angkot, tinggal mampir, periksa dan dapatkan hasil. Begitu pula dengan pengojek,” kata Kadis.

Kesempatan yang sama, Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengatakan, jika dalam pemeriksaan ada masyarakat yang positif, ditindaklanjuti dengan PCR. Jika masih positif maka akan diisolasi. Dimana jika gejala berat akan dibawa ke rumah sakit, gejala ringan akan ditempatkan di LPMP, namun jika tanpa gejala, akan diisolasi di rumah dengan tetap didatangi oleh tim medis. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena akan tetap didampingi.

“Jadi setelah Rapid antigen, masyarakat  harus menunggu sekitar 15-20 menit untuk mengambil hasil. Jangan sampai hasil belum keluar, masyarakat sudah ke rumah kopi,” tandasnya.

 

Sumber : RRI

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ALAMAT

Alamat : Jln. Tulukabessy
Telepon : 0911-456456
Email : pkk@malukuprov.go.id

PETA

COPYRIGHT © 2021 - DISKOMINFO PROVINSI MALUKU

VERSI 2.1

Content Website Terproteksi !