aa
Widya Murad Lantik Kepengurusan Tiga Lembaga Pramuka di Maluku Tengah

Ketua Kwartir Daerah Maluku, Widya Pratiwi Murad melantik kepengurusan tiga lembaga yang bernaung di bawah organisasi Pramuka di Kabupaten Maluku Tengah.

Tiga kepengurusan itu masing-masing,  Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka masa bakti 2021- 2026.

Acara ini berlangsung di Baileo Ir. Soekarno Kota Masohi, Senin (13/06/2022).

Dalam kesempatan itu, istri Gubernur Maluku ini menyampaikan, eksistensi serta semangat pengurus  dalam  mengembangkan gerakan Pramuka, khususnya di tingkat Kwarcab sejalan dengan ikhtiar pemerintah yang dituangkan dalam bentuk Undang-Undang No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Dalam kerangka besar itu, saya optimis Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Maluku Tengah lebih menitikberatkan perhatian pada program fasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan,” ungkap Widya.

Ia menegaskan, hal ini  mengingat gerakan Pramuka merupakan organisasi yang membangun kepribadian dengan mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan, merujuk pada perkembangan situasi sekarang yang semakin selaras, Widya menggarisbawahi bahwa kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan baik di lingkungan internal maupun lingkungan eksternal merupakan kebutuhan penting untuk mencapai sebuah keberhasilan.

Menurutnya, Kwarcab sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan kepramukaan akan terus bersinergi dengan kwartir daerah yang berperan sebagai fasilitator.

Widya mengatakan, suksesnya pelantikan mencerminkan kwartir cabang semakin dewasa dalam menyikapi serta memahami pentingnya upaya sinergi dari seluruh komponen kwartir karena ini merupakan waktu yang paling tepat untuk bersatu padu menghasilkan karya positif selaku orang muda yang suka berkarya.

Dijelaskan, setelah pandemi Covid -19  mulai melandai,  Kwartir daerah Maluku bermaksud akan berpartisipasi dan menyelenggarakan sejumlah kegiatan penting pada tahun ini dengan tetap  mematuhi protokol kesehatan yang tepat dan tidak menimbulkan cluster baru penyebaran Covid- 19.

“Kegiatan-kegiatan penting itu antara lain persiapan jambore dunia tahun 2023, Jambore Nasional tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Buperta Cibubur Jakarta Timur dari tanggal 14 – 21 Agustus 2022,” ungkap Widya.

Selain itu,  kegiatan lainnya seperti perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Sumatera Selatan, perkemahan antar Satuan Karya tingkat Nasional di Bangka Belitung dan perkemahan Bela Negara serta kegiatan-kegiatan di tingkat daerah.

Widya juga mengatakan mengingat pentingnya output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut, diharapkan dukungan penuh dari Majelis Pembimbing Cabang untuk pelaksanaan kegiatan dimaksud.

“Poses pelantikan tadi semakin menggugah peran aktif Kwartir Cabang dalam menyukseskan agenda kepramukaan, khusus untuk pengurus yang baru dilantik saya ucapkan selamat berbakti dan mengabdi untuk Pramuka kwartir cabang Maluku Tengah,” tutup Widya (*)

 

Sumber : https://beritabeta.com

Skip to content